Piranti
input merupakan komponen terpenting pada komputer. Agar bisa berinterakasi
dengan pengguna, setiap perangakat komputer harus memiliki piranti input.
Piranti input merupakan suatu peripheral yang befungsi untuk memasukkan data
dari luar lingkungan komputer ke dalam memori dan prosesor kemudian diproses
dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan bisa berupa
peirntah, seperti input pada mouse yang befungsi untuk menggerakakan kusor,
atau dapat pula berupa file misalnya dari scanner atau kamera digital.
Piranti
input harus ada di seiap komputer agar komputer bisa berinterakasi menggunanya
dan menerima masukkan dari lingkungan luar. Piranti input mirip dengan indera
bagi komputer, tana itu, komputer tidak bisa dioperasikan. Misalnya komputer
tana keyboard, maka pengguna tidak dapat memasukka data pada teks ke dalam
komputer.
Macam-macam alat Input
1. Keyboard
Keboard merupakan alat input
utama dalam komputer. Dengan keyboard, pengguna komputer dapat memasukkan teks
ke dalam komputer, mengakses menu, mengontrol game dan sebagainya. Keboard
merupakan sebuah papan, yang berisi banyak tombol yang memiliki fungsi
tertentu.
Pada umumnya tombol pada keyboard
berjumlah antara 80-110 tombol, yang terdiri dari :
a.
Tombol Alfabet. Tombol ketik terdiri dari huruf
alfabet yang didasarkan pada susunan huruf mesin ketik. Susunan huruf yang
paling banyak digunakan adalah susunan QWERTY, penamaan ini berasal dari 6
huruf pertama ke keboard
b.
Tombol Numerik.Tombol numerik tombol yang ada
pada bagian atas yang berderet sejajar.
c.
Tombol Fungsi. Tombol fungsi ditambahkan untuk
memberi perintah spesifikasi pada komputer, tergantung dari sistem komputer
atau software yang dijalankan. Tombol ini diberi nama F1 hingga F12 yang
diletakkan secara berurutan
d.
Tombol Control. Tombol Control menyediakan
kontrol untuk kusor dan layar, umunya tombol kontrol terdiri dari :
·
Home
·
End
·
Insert
·
Delete
·
Page Up
·
Page Down
·
Control (Ctrl)
·
Alternate (Alt)
·
Escape (Esc)
·
Tombol panah
2. Mouse
Mouse merupakan piranti penunjuk
yang paling banyak digunakan. Untuk mendeteksi gerakan, ada 2 cara yang umum
digunakan oleh mouse. Yang pertama adalah menggunakan bola, mouse ini memiliki bola
yang akan berputar ketika mouse digeser. Perputaran bola ini akan dikenali
untuk menentukan ke arah mana kusor bergerak. Mouse jenis ini sudah jarang
digunakan dan diganti dengan mouse optik.
3. Touchpad
Unit masukan
ini biasanya dapat
kita temukan pada
laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari.Biasanya unit ini dapat digunakan
sebagai pengganti
mouse.Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu
pointing stick dan trackball.
4. Light
Pen
Light pen adalah pointer
elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen
(monitor). Light pen memiliki sensor
yang dapat mengirimkan
sinyal cahaya ke
komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja
dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5. Joy
Stick dan Games Paddle
Alat ini
biasa digunakan pada
permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games
paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6. Barcode
Barcode termasuk dalam unit
masukan (input device). Fungsi alat ini
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertikal yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
7. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer.
8. Camera
Digital
Perkembangan teknologi
telah begitu canggih
sehingga komputer mampu
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan
kualitas gambar lebih
bagus dan lebih
baik dibandingkan dengan cara
menyalin gambar yang
menggunakan scanner.
9. Mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan
dalam memori komputer
atau untuk mendengarkan suara.
10. Graphics
Pads
Graphics pads
ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Graphics
pads yang digunakan mempunyai dua
jenis.
·
Menggunakan jarum (stylus)
·
Menggunakan bantalan sensitif sentuh (
touch sensitive pad)
Komentar
Posting Komentar